Senin, 16 Agustus 2010

Are you proud, being Indonesian?

Indonesia Raya, merdeka-merdeka. Tanahku negriku, yang kucinta. Indonesia Raya, merdeka-merdeka. Hiduplah Indonesia Raya.

Kapan hayo... terakhir kali kalian nyanyiin lagu Indonesia Raya? Dulu pas masih sekolah, atau pas KKN? Kalau saya pribadi, terakhir nyanyi lagu kebangsaan itu kemarin Minggu. Pas lagi kebaktian di gereja. Eh, bener lo ini.. selesai pemberian berkat di awal kebaktian, kami semua menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Lalu hari Senin di kantor, mp3 lagu di kantor memutar lagu-lagu kebangsaan. Eh, ternyata lagu-lagu kebangsaan kita bagus-bagus lo.. Jauh lebih bagus dibandingkan lagu-lagu alay yang enggak jelas yg lagi ngehit sekarang ini. He he... Ah, kok saya jadi ngelantur. Saya kan bukan mau bahas itu.

Yang saya mau bahas... How proud are you to be Indonesian? Dalam bahasa Indonesianya, "Seberapa bangganya kamu jadi warga Indonesia?"

Sebelum kalian semua jawab, biar saya yang menjawab dulu ya.. Hhhmm... Kalau saya sih... sejujurnya.. (harus jujur kan?) rasa bangganya 50% saja. Bukannya enggak nasionalis, cuma nih ya.. setiap melihat pemerintahan Indonesia yang kemaruk sama kekayaan, wahhh.. rasanya saya jadi enggak bangga tinggal di Indonesia. Aset bangsa diambil untuk membesarkan keluarganya masing-masing. Bantuan untuk orang-orang miskin tidak disalurkan kepada yang bersangkutan. Bahkan nih... bantuan untuk orang-orang korban bencana, justru nyangkut di gudang orang-orang yg sudah kaya. Kalau begini, bagaimana saya bisa bangga?

Saya punya mimpi nih.. Di usia 80 tahun nanti, negara ini akan jauhhhh lebih baik. Bagi dari sisi pemerintahannya dan juga personil-personil di dalamnya. Tidak ada tuh yang namanya KKN sekian trilyun, seperti yg dilakukan Mas Gayus. Atau sogok menyogok, seperti yg dilakukan Pak Anggodo. Dan tidak ada intrik2 politik seperti yg terjadi pada Pak Antasari. Tapi, bisa enggak ya... Hal itu terwujudkan. Harusnya bisa dong.. kan kita harus optimis. Seperti yang sudah diajarkan sama bapak presiden kita tercinta.

Tapi di balik kekecewaan ini, saya masih ada 50% rasa bangganya kok sama Indonesia. Bangga karena saya tinggal di negara yang begitu kaya. Baik sumber daya alam, budaya, flora fauna, tempat wisata yg jauh lebih eksotis, kerajinan tangan, dan sebagainya. Apalagi setiap nonton acara jalan-jalan di wilayah Indonesia atau menggali eksotisnya kekayaan Indonesia, itu bikin saya bangga jadi warga Indonesia.

Yahhh.... Semoga rasa bangga saya yang cuma 50% ini enggak jadi pudar, tapi meningkat terus hingga 100%. Tentu dengan kesadaran kita semua sebagai warga negara Indonesia & juga aparat2 pemerintahannya. Nah, sekarang bagaimana dengan Anda?

kredit foto: http://anisavitri.files.wordpress.com/2009/08/bendera-21.jpg

Tidak ada komentar: