Senin, 16 Agustus 2010

Pak Beye, saya mau jadi PNS!

Pak Beye, saya mau jadi PNS. Gimana caranya ya?

Saya dengar-dengar, jadi PNS itu enak. Kerjaannya gak jelas, banyak nganggurnya, tapi gaji lancar. Apalagi nih pak... Baru saja Bapak naikin gaji para PNS kan.. Buat golongan terendah yang gajinya cuma 1,89juta sekarang minimal jadi 2jt. Belum lagi kalo ada dinas & pelatihan ke mana2, wah.. makin lancar honorernya. Gmn enggak bikin orang-orang pada ngiler tuh Pak.


Pantesan aja nih ya Pak... Semenjak Bapak jadi Presien RI, predikat PNS jadi naik. Semua orang rasanya pingin banget jadi PNS. Setiap PNS di departemen2 atau di pemda open recruitment, selalu saja peminatnya bejibun buanyakknyaa... Rasanya kok beda ya gaungnya, sama PNS jaman dulu. Lebih heboh sekarang gitu loh... Bener lo Pak, beda banget sama jaman presiden2 sebelum Bapak. Contohnya nih, alm. Pak Soeharto ini yg lebih memperhatikan para petani, karena beliau tahu pertanian merupakan aset bangsa sampai kapanpun juga.

Tapi, kalau di pemerintahan Bapak ini, sepertinya PNS yg merupakan aset bangsa ya.. Sodara-sodara saya yg dulu biasa2 aja dgn pekerjaan PNSnya, skrg jd merasa luarr biasaa. Lalu menyuruh saya dan sodara2 lainnya utk mengikuti jejaknya. Bahkan ada juga teman saya yg dipaksa orangtuanya utk jadi PNS dgn jalur emasnya. Wah, saya jadi penasaran nih Pak.. apa sih hebatnya PNS. Jadi karyawan yang kreatif & pekerja keras, saya rasa enggak tuh...

Lah, gimana enggak coba Pak... Katanya masuk kerja jam 8 pagi, lah saya ke kantor kelurahan, kecamatan, imigrasi, bahkan ke kantor polisi aja... petugasnya belum pada datang. Ada yang baru anterin anaknya sekolahlah, ada yang alasan kejebak macetlah, bahkan ada juga yang alasan bangun kesiangan. Wah, Pak... gimana negara Indonesia bakal maju dong kalau PNSnya begini semua.

Saya tahu.. Bapak naikin gaji PNS itu sebelumnya pasti ada pro kontranya. Yang pro pasti org2 PNS dong. Hehe.. saya tau itu.. Siapa sih yg enggak mau gajinya naik. Tp kontranya, karena kenaikan gaji itu enggak diimbangi dgn kenaikan produktivitas Pak.. Belum lagi nih ya... Bapak tahu sendiri kan.. industri negara kita tercinta ini bakal kena imbas besar-besaran dari China. Heboh lo itu Pak... Bayangin ya Pak... Saya yg kemarin baru saja pulang dr Hong Kong aja beli produk2 China dgn harga jauuuuhhhhhhh lbh murah dibandingkan di sini. Bapak pernah ke Hong Kong kan.. Atau mungkin, Ibu Ani pernah belanja barang2 di sana. Bener kan Pak.. sumpah murah2 abis.

Nah.. hubungannya dgn negara kita tercinta ini. Kan sayang tuh Pak, industri Indonesia ini kalah dr terpaan industri China. Jelas2 Indonesia punya kekayaan yg jauh lebih luar biasa, SDMnya pun buanyakk buangett. Kenapa enggak itu aja yg lebih dipikirkan ya Pak, daripada memikirkan kenaikan gaji PNS.

Kemarin abis sensus penduduk kan Pak... Dan Bapak tahu juga kan, bahwa penduduk kita mencapai 234,5 juta jiwa. Ediannn.. buanyak buanget ya Pak.. Nah, logikanya nih ya Pak.. Berapa jiwa yang berada di usia produktif? Lalu, berapa jiwa yang di usia produktif itu merupakan pengangguran. Nah, kalau pemerintah punya dana untuk dialokasikan kepada peningkatan sektor ekonomi di Indonesia utk mengurangi pengangguran. Wah, pahalanya lebih besar tuh Pak.. Jumlah pengangguran di Indonesia, pasti lebih besar dibanding jumlah PNS kan.. Hehehe..

Jadi, bukannya saya enggak setuju loh Pak.. Karena naik atau stagnya gaji PNS itu enggak ada hubungannya sama saya. Wong, saya bukan PNS dan orangtua saya juga bukan PNS. Cuma saja... ini merupakan sebuah bentuk rasa cinta saya sama Indonesia. Apalagi negara kita ini kan usianya udah 65 tahun. Pinginnya sih Pak, di usia 80 tahun mendatang, negara saya ini bakal menjadi negara yg diperhitungkan oleh negara asing. Baik dalam perekonomiannya, keamanannya, dan juga kekayaannya yang luar biasa. Jadi, anak2 saya besok enggak susah nyari kerja karena disediain lapangan kerja banyak sama negara, enggak susah kalau sakit karena dicover asuransi dari negara, dan enggak susah di hari tuanya karena dipelihara negara. Seperti negara-negara lain itu tuh... Kan saya juga pingin seperti itu...

Sekian saja Pak... Ohya, kalau gaji PNS, TNI, dan POLRI naik 10%. Gaji Bapak pasti juga naik dong brarti. Kan Bapak termasuk TNI ya.. dan Presiden itu termasuk PNS kan Pak. Wah, dobel dong Pak.. Selamat ya Pak.. Jangan lupa, makan-makannya.. Saya diundang open house, ngabuburit di istana ya Pak.. Tapi plus transportasi & akomodasi sekalian. Hehehe..

kredit foto: http://www.sripoku.com/foto/berita/2009/6/8/8-6-2009-pubseuang.jpg

3 komentar:

*bintangbirubicara* mengatakan...

mmm, sana- sini kasih masukan padaku buat daftar PNS.. dan.. dengan iming-iming: masa depan TERJAMIN!
alasan yang mengusik.
sungguh mengusik.
hmm, jadi mikir..
hhh, kalo sebagian besar generasi muda yg merupakan pencari kerja pada mikir pgn jdi PNS krn terjaminnya itu.., kok kayaknya parah banget ya..bahaya buat masa depan bangsa ini.. semua money oriented.
motivasi yg salah spt itu bisa jadi momok yg mengancam, yah kayak mb' noni tulis di atas.. kesadaran thdp produktivitas diri jdi lemah.

hmm, andai rekan-rekan yang berlomba lolos CPNS itu memiliki motivasi mengabdi, menyumbangkan kecerdasannya utk membangun bangsa.. yaah.. andai saja menjadi PNS adalah sebuah pengabdian.. pasti bangsa ini sangat terbantu untuk bangkit.. (NB. jumlah PNS fantastis lho, akan luar biasa dampaknya ketika semua bisa satu visi)

ya, banggalah menjadi PNS ketika telah jelas kausadari peranmu berdampak bagi bangsamu!

ya, kuharap suatu saat. terwujud.

Nonie mengatakan...

Hai bintangbiru... Salam kenal..

Sungguh mengusik ya komentarmu..
Karena bener, semua penduduk indonesia ini jadi money oriented. Semuanya diukurnya dgn uang. Tujuan bekerja pun juga utk uang, meski sesungguhnya tidak sesempit itu.

Tapi... ya bagaimana lagi ya.. Bangsa kita tercinta ini sepertinya memang sudah terjerumus dalam lubang yg dalam dan besar. Ibaratnya, perlu tali yang panjang & kuat untuk menariknya kembali ke atas.

Semua aspek kehidupan berkaitan erat. Jadi, money oriented utk urusan bekerja itu jg krn alasan tertentu. Yaitu, kurangnya perhatian negara terhadap kebutuhan2 primer penduduknya. Seperti pendidikan, kesehatan, pangan, dan papan. Makanya kita semua kerja keras utk memenuhi kebutuhan2 primer kt tersebut.

Dan sungguh miris rasanya jika banyak org yg pingin jd PNS krn hanya dgn alasan masa depan terjamin secara materi, (kembali ke persoalan money oriented). Pdhl jd pegawai swasta pun jg bisa terjamin lo.. Jadi wiraswasta apalagi.. Malah pahalanya lebih besar, karena bisa bantuin orang2 yg enggak punya pekerjaan. Hehe..

Yahh... bakal panjang kali lebar deh kalo ngomongin bangsa kita tercinta ini. Yang pasti, dengan Pak Beye naikin gaji PNS, TNI & POLRI, semoga produktivitas, kreativitas, dan etos kerja mereka ikut naik juga.

semuasayanganna mengatakan...

enggak semua sih, but mostly orang tua "bangga" kalo anaknya jadi PNS ;)